Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bootable Flash Disk Menggunakan Rufus Terbaru 2020

CatatanAanakTKJ - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, artikel kali ini kita akan mencoba membuat sebuat bootable flashdisk menggunakan software bernama rufus.


Bootable adalah sebuah istilah yang digunakan kepada sebuah media penyimpanan baik itu flashdisk, cd/dvd, ataupun yang lainya, dimana media penyimpana tersebut telah di isi file-file atau program yang bisa menjalankan instalasi sebuah sistem operasi, baik itu windows,linux,dll.

Oke tanpa banyak basa basi cuss langsung ke tkp.

1. Siapkan terlebih dahulu software rufus dan file ISO dari sistem opersi yang ingin kalian buat bootablenya. Untuk software rufus kita bisa download disini.

2. Tancapkan flashdisk kedalam laptop atau komputer.

3. Buka software rufus, lalu perhatikan tab Device, disitu tertera flash disk yang telah kita tancapkan sebelumnya. Setelah itu klik SELECT untuk mencari file ISO sistem operasinya.


4. Setelah itu cari file ISO sistem operasinya, disini saya mencontohkan untuk membuat bootable sistem operasi linux ubuntu 20.04. Jika sudah ketemu file ISOnya kita tinggal klik filenya lalu pilih Open.


5. Selanjutnya kalian perhatikan tab Partition scheme, disini kalian tentukan akan membuat bootable dengan jenis GPT atau MBR sesuai dengan jenis partisi hardisk laptop atau komputer kita. Untuk mengetahui jenis parisi hardisk kita bisa kesini.


6. Jika sudah kita bisa merubah nama bootable flashdisk di tab  Volume label, setelah itu biarkan tab lain tetap default, lalu klik START dan tunggu hingga proses selesai.


Flashdisk pun siap digunakan untuk menginstall sistem operasi yang kita mau😄.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Sampai jumpa di next artikel😁.

Salam Anak TKJ!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bootable Flash Disk Menggunakan Rufus Terbaru 2020"