Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menginstall Eve-Ng di Windows 10 Terbaru 2020


CatatanAanakTKJ - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Postingan kali ini kita akan belajar bagaimana cara menginstall Eve-Ng dan bagaimana cara mengkonfigurasinya hingga bisa kita gunakan. Sebelum masuk ke pembahasan, apa si Eve-Ng itu? Eve-ng merupakan perangkat lunak virtualisasi yang digunakan untuk melakukan simulasi jaringan atau server dan mendukung berbagai perangkat jaringan serta operasi system.

Persiapan

Sebelum memulai proses intalasi kita harus melakukan beberapa hal berikut.
  • Download Eve-Ng disni, saya menggunakan versi community edition.
  • Download Vmware Workstation disni, kalian bisa menggunakan versi Vmware Workstation Player jika tidak mempunyai lisensinya.
  • Download Eve-Ng Windows Client Side disini, software ini digunakan untuk  memudahkan kita mengontrol perangkat perangkat yang telah di buat di Eve-Ng.

Mengimport Eve-Ng kedalam Vmware

Tahap pertama kita harus mengimport Eve-Ng yang sudah kita download kedalam Vmware.


1. Buka Vmware dan pilih “Open a Virtual Machine”.


2. Setelah itu, cari file Eve-Ng yang telah kita download lalu pilih dan klik open, tunggu sampai proses import selesai dan Eve-Ng akan ter-import kedalam Vmware.


3. Klik “Edit virtual machine settings” dan atur sesuai resource komputer atau laptop kalian, untuk bagian Network Adapter kalian bisa pilih NAT.


Menjalankan Eve-Ng 

Kita lanjut ya, tadi kan kita sudah berhasil mengimport atau istilahnya memasukan Eve-Ng kedalam Vmware, nah... selanjutnya kita jalankan dan kita konfigurasi Eve-Ng nya.

1. Klik “Power on this virtual machine” dan setelah kita klik Eve-Ng akan running.

2. Setelah itu... login dengan menggunakan user root dan password eve (ketika mengetikan
password, password memang tidak muncul tapi ketikan saja passwordnya) lalu tekan enter untuk login.


3. Kalo login berhasil akan muncul tampilan untuk membuat password baru.. disini kita ketikan password baru yang ingin kita gunakan untuk user root (lagi-lagi password tidak akan terlihat tapi ketikan saja password barunya) lalu enter.


4. Pas di tekan enter, kita disuruh buat masukin lagi password yang baru kita buat tadi… setelah itu kita tinggal enter-enter terus sampai bagian NTP Server, disini kita bisa menggunakan ntp server Indonesia yaitu 0.id.pool.ntp.org kalo udah tinggal di enter terus sampai eve-ng restart.


5. Udah restart kan Eve-Ngnya? kalo udah kita akan dibawa kembali ke tampilan login dan disitu akan tertera ip yang kita dapatkan, nah.. ip itulah yang kita gunakan untuk meremote Eve-Ng kita.


6.Oke sekarang kita buka browser kesayangan kita yee (asek kesayangan gk tuh😂), kita bisa menggunakan beberapa browser terkenal.. seperti ms.edge, google chrome, mozzila,dll. Kalo udah dibuka browsernya sekarang kalian masukin tuh ip yang tertera di halam login tadi, ke kolom url browser kalian.. habis itu enter deh dan taraaaa halaman Eve-Ng udah muncul, selanjutnya kalian bisa login dengan user admin dan password eve.



Oke.. sekian dulu artikel kali ini yaa, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua next artikel kita akan lanjut buat masukin mikrotik kedalam eve-ng.

Salam Anak TKJ!

Posting Komentar untuk "Tutorial Menginstall Eve-Ng di Windows 10 Terbaru 2020"