Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install GNS3 di Windows Terbaru 2020

CatatanAanakTKJ - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara menginstall GNS3 di Windows.
GNS3 adalah emulator perangkat lunak jaringan yang mendukung berbagai vendor perangkat jaringan. Pada GNS3 kita dapat membuat simulasi jaringan yang kompleks dan seperti pada perangkat aslinya, karena pada GNS3 kita akan menggunakan sistem operasi asli dari perangkat jaringan  yang akan kita buat simulasinya.

Oke tanpa banyak basa basi kita langsung lanjut ke pembahasan kita kali ini.

Cara Install GNS3 di Windows

1. Download terlebih dahulu software GNS3 disini.

Download GNS3

2. Setelah GNS3 berhasil kita download, kita bisa langsung membukanya dengan mengklik dua kali file tersebut, lalu klik Next.


3. Selanjutnya klik I Agree.


4. Di bagian ini kita bia biarkan default lalu klik Next.


5. Selanjutnya dibagian ini kita bisa biarkan kembali secara default, atau jika kita ingin mencoba fitur terbaru dari GNS3 yaitu web client, kita bisa menceklis pada pilihan GNS3 Web Client. Sementara untuk pilihan GNS3 VM kita tidak perlu menceklisnya karena kita akan memasukanya secara manual di next artikel.


6. Pilih lokasi installasi GNS3, setelah itu klik Next.


7. Tunggu proses installasi hingga selesai.


8. Disaat proses installasi berjalan kita akan mendapat pop up untuk menginstall beberapa software tambahan, pertama kita akan menginstall WinCap. Disini kita tinggal klik Next.


9. 
klik I Agree.


10. Selanjutnya kita bisa hilangkan ceklis Automatically start... agar wincap tidak berjalan otomatis saat komputer baru masuk atau boot ke windows, lalu klik Install.


11. Setelah selesai tinggal klik Finish.


12. Selanjutnya kita akan menginstall Nmap, sama seperti WinCap. Kita tinggal mengklik
I Agree --> Install --> Next --> Finish.

I Agree

Install

Next
Finish

13. Setelah itu installasi Wireshark, disini kita bisa mengcancelnya terlebih dahulu dan bisa menginstallnya secara manual, atau jika kita ingin langsung menginstallnya, kita tinggal tunggu proses downloadnya selesai dan menginstallnya.

Pilih Cancel jika ingin menginstallnya secara manual

Pilih No

14. Selanjutnya installasi SuperPutty, sama dengan Wireshark kita bisa menginstallnya secara manual atau langsung dengan cara menunggu proses download selesai lalu menginstallnya.

15. Lanjut pilih No lalu klik Next.


16. Selesai, kita tinggal klik Finish.


17. GNS3 pun telah selesai kita install.


Nah proses installasi GNS3 telah selesai, tetapi untuk menggunakan GNS3 secara lancar kita harus menginstall juga GNS3 VM lalu menghubungkanya ke GNS3 GUI yang telah kita install ini, untuk cara installnya kita bisa kesini.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Sampai jumpa di next artikel 😁.

Salam Anak TKJ!

1 komentar untuk "Cara Install GNS3 di Windows Terbaru 2020"